WEB SEMINAR “MAKE YOUR ENGLISH FUN”

STBA-Pertiwi, mengadakan webinar seminar pada Sabtu 28 Agustus 2021 dengan tema “make your English fun”,  kenapa STBA Pertiwi mengangkat tema ini,  bagi sebagian orang belajar bahasa inggris memang bukanlah hal yang mudah. Bahasa inggris itu membosankan, sulit untuk dimengerti begitulah kira-kira. Ini merupakan sebagian yang pemikiran orang orang disekitar kita dan harus berani  pemikiran tersebut harus dihilangkan mulai dari sekarang karena berkemampuan bahasa inggris  banyak manfaat untuk saat ini dan masa depan.

Era globalisasi ini kita tidak bisa terlepas dari segala sesuatu yang berbau bahasa inggris. Kita bisa menemukan bahasa inggris mulai dari hal kecil sekalipun. Kemampuan bahasa inggris bukan lagi digunakan sebagai ajang pamer. Tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang di Indonesia ini khususnya. Belajar bahasa inggris yang efektif dan menyenangkan tentu diinginkan banyak orang agar kemampuan berbahasa inggris semakin bertambah dengan cepat, bagaimana  cara belajar bahasa Inggris yang efektif tapi menyenangkan :

  1. Menggunakan Media Belajar dengan Gambar

Anda bisa memakai media foto atau gambar untuk membantu pada saat belajar bahasa inggris. Cobalah untuk menjelaskan maupun mendeskripsikan foto atau gambar memakai bahasa inggris. Anda bisa mencari foto atau gambar yang mempunyai alur cerita. Setelah itu, ceritakanlah apa saja yang terjadi pada foto atau gambar tersebut. Cara ini bisa membantu mengembangkan kreativitas Anda di dalam proses belajar.

2. Media Belajar dengan Mendengar dan Menyanyikan Lagu

Hal lain yang tak lepas dari kehidupan kita saat ini adalah lagu. Jika kamu biasanya mendengarkan lagu-lagu Indonesia atau Korea, coba deh sekarang saatnya beralih dahulu dengan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Kita bisa mendengar lagu kapan saja dan dimana saja dengan smartphone yang kita miliki dan sekaligus menyanyikan apa yang didengarnya. Hal inilah yang perlu dimanfaatkan untuk membiasakan telingamu mendengarkan bahasa Inggris. Hal in tak kalah penting karena pembelajaran pertama dalam bahasa adalah banyak mendengarkan.

Memang ada kekurangan dengan metode ini karena pronunciation dalam lagu sudah bercampur dengan nada lagu. Namun lagu juga memiliki manfaat yang tak kalah dari film, dan kita juga sangat menikmatinya

3. Belajar Berbicara dengan Bahasa Inggris

Salah satu yang menjadi alasan kita sulit membiasakan berbicara bahasa Inggris adalah karena kita tidak memiliki partner. Namun satu hal yang harus kamu pahami adalah, pokok dari belajar bahasa Inggris adalah berbicara.

Jika tak ada partner, maka berbicaralah bahasa Inggris dengan dirimu sendiri tentang apapun yang kamu inginkan, entah di depan cermin ataupun dengan tembok. Gak hanya mampu meninkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, bukankah self-talking juga akan bagus untuk psikologimu?

  1. Belajar Menulis Kata Kata Indah dan Menyenangkan

Pada saat belajar bahasa inggris, Anda bisa memulainya dengan menuliskan sebuah kalimat atau paragraf yang sederhana menggunakan bahasa inggris. Anda bisa menuliskan berbagai hal seperti hobi, teman, apa yang telah dialami hari ini dan lain sebagainya bisa menggunakan social media yang kita miliki yang simple dan bermakna tapi sesuai dengan kaidah yang bener dalam Bahasa inggris . Menulis ini bisa membantu untuk mengaktifkan bagian kinetik otak yang bisa meningkatkan suatu pembelajaran bahasa inggris lewat aktivitas fisik.