Re-Akreditasi Program Strata Satu STBA Pertiwi

Jakarta STBA Pertiwi – Program Studi Sastra Inggris melakukan visitasi Re-Akreditasi Program Studi secara Daring oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Jum’at-Sabtu (26-27/02/2021). Asesor BAN-PT yang terdiri dari Adi Sutrisno, Dr. M.A – Universitas Gadjah Mada, Ria Rosdiana Jubhari, Dra. M.A., Ph.D. – Universitas Hasanuddin

 

Re-Akreditasi Daring tersebut dalam rangka evaluasi secara berkala yang terus dilakukan STBA Pertiwi demi mempertahankan komitmen mutu institusi sesuai visi misi STBA Pertiwi.

Selama proses visitasi daring,  asesor melakukan cross check pengisian borang. Dan berbagai aspek dinilai selama lima tahun kebelakang. Aspek yang dinilai tersebut merupakan laporan dari program kegiatan program studi sastra inggris yang akan menjadi pertimbangan akreditasi.

Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Dengan demikian, akreditasi melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ciri akreditasi adalah penilaian yang dilakukan oleh pakar sejawat dari luar institusi terkait (external peer reviewer), dan dilakukan secara voluntir bagi perguruan tinggi yang menyelenggarakan suatu program studi.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai/ komponen dari masukan, proses dan produk perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi tersebut dan mengirimkan laporannya ke lembaga asesor. Berdasarkan isian tersebut dilakukan kunjungan lapangan (site visit) oleh asesor sebagai tindakan validasi.

Dengan kata lain Akreditasi sama dengan status dan proses. Status disini dalam konteks perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sedangkan Proses dalam konteks ini maksudnya adalah proses kegiatan akademik telah dilakukan memenuhi standar mutu dan kecenderungan melakukan perbaikan secara berkesinambungan melalui evaluasi diri.

Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan.

Semoga Re-Akreditasi Program Strata Satu STBA Pertiwi dapat mendapat nilai yang bagus sesuai dengan proses, kegiatan pembelajaran tri darma pergururuan tinggi.