PROGRAM SARJANA (S1) SASTRA INGGRIS-STBA PERTIWI

Sastra Inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi linguistik dan sastra secara mendalam. Jadi jangan heran kalau kamu akan melakukan banyak kajian terhadap berbagai karya, seperti puisi, prosa, novel drama, maupun film. Selain itu, kamu juga akan banyak membahas kebudayaan negara-negara dengan Bahasa Inggris. Program ini dirancang untuk menghasilkan sarjana bahasa yang bergelar Sarjana Sastra (S.S.) dengan lama masa studi normal 4 tahun (8 semester). Jumlah SKS yang harus ditempuh untuk lulus adalah 150 SKS. Lulusan banyak diserap di berbagai industri seperti pendidikan, pariwisata, pemerintahan, dan lainnya.

Kemampuan bahasa Inggris kini menjadi syarat penting bagi para pencari kerja. Bahkan, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapat beasiswa S1 hingga S2 ke luar negeri. Walau bahasa Inggris bisa dilatih melalui lembaga les, namun ada keunggulan yang dimiliki oleh para lulusan Sastra Inggris. Bila masuk jurusan ini, kamu akan mempelajari lebih dalam tentang bahasa Inggris, sehingga bisa menggunakan bahasa Inggris dengan tepat guna, tepat grammar, hingga tepat dalam pelafalan. Sejumlah tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEIC, TOEFL, atau IELTS pun bisa dengan mudah kamu lalui. Sehingga kamu memiliki kesempatan untuk belajar bahasa asing lain yang dibutuhkan di dunia kerja.

Visi:

“Menjadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing pilihan utama masyarakat yang berkomitmen menciptakan lulusan berkarakter dan berkompetensi unggul dan berperan aktif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bahasa dan sastra Inggris berkualitas yang menekankan pada pendidikan karakter dan kompetensi unggul, dengan menyelaraskan kurikulum dan program konsentrasi kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terciptanya lulusan cerdik dan cendekia dengan budaya pembelajar, meneliti dan berperan aktif dalam pengabdian pada masyarakat.

 

Standar Kompetensi Lulusan:

  1. Memiliki pengetahuan bahasa Inggris dalam bidang Linguistik dan Sastra dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
  2. Memiliki sertifikasi kompetensi level Survival English (SE), English For Communication (EC) dan Advance English Communication (AEC).
  3. Mampu menerapkan keterampilan bahasa Inggris, pengetahuan Linguistik dan Sastra dalam berbagai profesi yang ditekuni.
  4. Menguasai dan mampu mengembangkan keterampilan berpikir logis dan kritis (critical thinking).
  5. Menguasai berbagai metode kajian bahasa dan sastra.
  6. Mampu menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  7. Menguasai salah satu keterampilan khusus dalam bidang pengajaran bahasa Inggris (TEFL), Business Communication, Perhotelan dan Administrasi Perkantoran
  8. Memiliki kemampuan dasar berbahasa Inggris setara English Profecieny: Institutional TOEFL minimal 500 dan tes jenis lainnya yang setara.
  9. Memiliki pengetahuan tentang pengembangan kepribadian dan etika berkomunikasi serta berperilaku dalam pembentukan karakter di lingkungan akademis dan sosial.

 

Praktek Kerja

STBA Pertiwi telah bekerja sama dengan  LKP BBC English Training Spesialist. LKP BBC ETS adalah lembaga kursus berprestasi nasional sebagai wadah bagi para mahasiswa Diploma 3 (D3) melakukan praktek mengajar dengan bimbingan intruktur mumpuni, Hal ini dilakukan untuk memberikan nilai Plus pada lulusan dan diharapkan lulusan D3 bisa langsung mengambil peran dalam dunia Industri.

 

Kenapa Harus Pilih Program Sarjana

  1. Lulusan sastra Inggris punya peluang kerja yang luas, mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, sampai lembaga internasional.
  2. Industri media juga membutuhkan lulusan Sastra Inggris lho, karena saat ini mulai banyak media nasional yang memiliki konten dan disajikan dalam Bahasa Inggris.
  3. Jika berkuliah di jurusan ini, bukan nggak mungkin kamu merintis karir sejak kuliah dan tentunya mendapatkan keuntungan finansial. Gimana caranya? Kamu bisa membuka kursus Bahasa Inggris untuk siswa SD, SMP, maupun SMA. Kalau suka travelling, kamu bisa jadi pemandu wisata, apalagi kalau kamu kuliah di kota wisata yang banyak turis mancanegara. Wih, dijamin deh bakal dapet tambahan uang jajan.
  4. Kamu tidak akan mengalami kendala bahasa jika bepergian ke luar negeri, karena Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa universal atau istilah kerennya tuh sebagai lingua franca.
  5. Selain punya pemahaman yang baik mengenai berbagai kesusastraan mancanegara, kamu juga memiliki wawasan yang luas soal budaya, ekonomi, politik, dan sejarah negara-negara asing.

 

 

Prospek Kerja Lulusan

  1. Eksportir

Seorang staf eksportir harus memiliki penguasaan bahasa asing yang bagus. Karena ia akan terus menerus berkomunikasi dengan pihak luar negeri. Kemampuan komunikasi adalah hal utama. Jangan lupa trik ekonomi pemasaran juga menjadi pengetahuan wajib bagi bagian eksportir. Karena tak jarang, mereka tergabung dalam bagian pemasaran atau marketing.

 

  1. Penerjemah

Lulusan  bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali dijadikan ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain. Jika sejak kuliah saja sudah dibutuhkan, apalagi jika sudah lulus, bukan?

 

  1. Pengajar

Menjadi lulusan bahasa asing, tentu kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, maupun instruktur kursus. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. Multifungsi, kan?

  1. Concierge Hotel

Profesi ini memang belum seterkenal pekerjaan lain di bidang perhotelan namun posisinya bisa dibilang sangat penting, terutama dalam hal relasi pada tamu, Sebagai seorang concierge kamu akan menghadapi berbagai macam tamu dengan berbagai macam pertanyaan dan permintaan. Nah tugasmu adalah memberikan mereka saran, jawaban bahkan membantu mewujudkan permintaan mereka selama itu nggak menentang hukum dan bukan perbuatan yang ilegal.

  1. Public Relations

Lulusan bahasa asing yang suka berkomunikasi juga bisa menjadi Public Relation, lho! Sekarang ini nggak sedikit lulusan sastra asing yang bisa kerja di bidang ini. Bidang ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk klien, serta mempengaruhi opini publik.

  1. Pemandu Wisata/Tour Guide

Untuk lulusan sastra asing yang mempunyai hobi travelling, menjadi tour guide adalah bidang yang cukup menjanjikan, lho! Pekerjaan ini membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus. Tour guide akan berkomunikasi dengan para turis, baik itu lokal, maupun mancanegara.

  1. Jurnalis

Jurnalis atau dikenal juga dengan wartawan adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat. Dalam produksi suatu pemberitaan, dilibatkan juga editor yang melakukan pemeriksaan isi konten untuk menjaga kualitas laporan.

  1. Editor / Penyunting Bahasa

Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Terlebih lagi, banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

  1. Penulis

Sering bermain dengan kata-kata, lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa banget jadi penulis! Penulis terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, media baru juga banyak membuka kesempatan untuk para penulis di berbagai macam bidang, seperti copywriter maupun content writer.

 

Dari sekian banyak prospek kerja di atas, sudah taukah kamu akan ke mana? Jurusan Sastra Inggris Strata 1 (S1)  STBA PERTIWI bisa menjadi pilihan studimu untuk bisa mencapai profesi di atas dengan penguasaan skill bahasa asing yang baik. Tertarik, kan?

 

STBA Pertiwi

Kampus Cililitan
Jl. Dewi Sartika Kav 2-3 Cililitan Jakata Timur
Telepon: 021 8090474

Whatsapp 085881494858
Kampus Bekasi

Jl. Ir.H. Juanda 133, Bekasi Jawa Barat

Telepon: 021 8802649

Whatsapp 085691192579

 

Website: http://www.stba-pertiwi.ac.id/

Daftar   : https://stba-pertiwi.ac.id/formdaftar/

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *