Seminar Basic Leadership Traning STBA Pertiwi Series: ‘Leading The Millenials-Attitude Matters’

Vila Ratu Sukabumi, 15-16 Feb 2020,  Sukses organisasi baik berupa keluarga, perusahaan, organisasi kemasyarakan, maupun organisasi yang lebih besar seperti korporasi maupun negara sangat bergantung pada kualitas anggota yang dimilikinya, Anggota organisasi adalah pribadi-pribadi yang memiliki ikatan dalam organisasi tersebut, Ada pribadi yang kontributif dan ada pribadi yang membebani organisasi. Ujar Dr. Suharsono yang pernah memangku Jabatan Ketua HIPKI-Himpunan Pengusaha Kursus Indonesia,

Peran seorang pemimpin di Era Milennial ini semakin kompleks dan dinamis.  Leader yang baik adalah mereka yang mampu menjalankan fungsi kepemimpin seperti:

  1. Tujuan, Penetapan tujuan menjadi hal yang penting saat Anda diangkat menjadi pemimpin. Tujuan yang Anda buat harus SMART (Specific, Measurable, Agreed, Realistic & Time limit) sehingga dapat dipahami oleh seluruh anggota tim.
  2. Pengaruh, Anda tidak akan mencapai tujuan tersebut secara individu, melainkan harus melibatkan tim. Menurut John Maxwell “Leadership is influence, everything rises and falls on leadership”, keberhasilan kepemimpinan anda sangat tergantung dari seberapa besar Anda mampu mempengaruhi tim untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Semangat, Anda harus bisa menggerakkan energi karyawan ke arah yang positif ketika mereka mengkomunikasikan ide, artinya, Anda harus sadar akan maksud dan kemungkinan yang akan ditimbulkan dari ide mereka. Ketika Anda berinteraksi dengan orang lain terutama pada saat perubahan besar baik tantangan maupun tekanan organisasi, sikap Anda akan sangat diamati oleh karyawan Anda. Berkomunikasilah dengan penuh pertimbangan dan warnai kerja sehari-hari dengan inspirasi dan energi positif.
  4. Pemberdayaan, artinya adalah pengembangan kemampuan anggota tim untuk mampu melakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien. Dimana anggota tim bisa merasakan “nilai tambah” dari pekerjaan yang mereka lakukan

Dalam sesi akhir Pria yang pernah menduduki kursi Kerua HIPKI-Himpunan Pengusaha Kursus Indonesia ini juga memberikan arti tentang kepemimpina  yang yang seperti apa seharusnya Leader yang sukses adalah mereka yang bisa mengendalikan diri dan bekerja untuk menginspirasi orang lain dan jiwa kepemimpinan dimulai dari kemampuan meminpin diri sendiri.

Lebih lanjut  pria yang sukses memegang jabatan  Managing Director: Success Power Indonesia bahwa Kepemimpinan diri pada hakikatnya adalah kemampuan menggerakkan diri menggunakan seluruh sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai apa yang diinginkan. Seseorang yang memiliki kepemimpinan diri yang kuat akan lebih mudah memimpin dalam organisasi.

Dalam sesi akhir Dr. Didi Mulyadi dengan mengusung tema “Go Live Your Way” Pemimpin ideal itu tidak melulu dengan keluhan-keluhan yang sering ungkapkan tapi bagaimana caranya keluhan menjadi Energi untuk mensinergikan kemampuan yang dimilikinya. Ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Indonesian English Course Teachers’ Association (IECTA).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *