Tips Sukses Memilih Kampus

Tips Sukses Memilih Kampus

 

Memilih kampus pilihan yang sesuai dengan minat dan bakat kita itu tidak semudah membalikkan telapak kedua tangan kita, apalagi kalau pilihan kampus dan jurusan akan sedikit dan banyaknya mempengaruhi “sukses” kedepan.

Seringkali kealfaan informasi dan ketidaktahuan akan minat atau bakat kerap menyebabkan masalah dan penyesalan di kemudian hari. Misalnya, perguruan tinggi pilihan, kualitasnya tidak sesuai harapan. Karena itulah, pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan.

Berikut tips sukses memilih kampus:

 

1.Ikut open house di kampus yang dituju

Setelah berhasil memilih kampus dan jurusan yang seusai dengan passion dan career goal-mu, langkah  yang tidak kalah penting adalah ikut dalam acara open house di kampus pilihanmu.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kamu bukan hanya bisa melihat area kampus secara langsung. Lebih dari itu, kamu juga bisa konsultasi langsung dengan dosen, mendapatkan hands-on experience dari jurusan yang dituju, hingga mendapatkan insight dari para mahasiswa terkait proses belajar di kampus yang dituju. Di Stba Pertiwi sering mengadakan acara tersebut diatas sebagai wujud peduli terhadap informasi kekinian yang dibutuhkan para calon Mahasiswa.

 

2.Kenali Kampus dan lokasi yang Tepat

Reputasi sebuah kampus  akan sangat berguna saat kamu ingin melamar pekerjaan. Ulasan seperti ini juga dapat memberi kamu sebuah gambaran tentang kehidupan sosial di kampus yang telah kamu pilih, selain itu sebaiknya kamu juga mempertimbangkan lokasi kampusmu yang kamu pilih. Carilah kota yang cocok dengan kepribadian dan kebutuhan kamu sebagai seorang mahasiswa. Bila kamu lebih nyaman berada di lingkungan yang santai dan tenang, memilih lokasi kampus yang tepat adalah langkah penting agar kamu dapat menikmati kehidupan kamu selama kuliah.

 

3.Karir dan Pekerjaan

Hal berikutnya harus dipertimbangkan dengan sangat matang dan serius adalah apakah setelah lulus nanti ada kepastian karir dan pekerjaan yang didapatkan. Pilih perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan siap pakai dan memiliki jaringan kerjasama dengan industri sehingga memudahkan lulusan mencari pekerjaan. Lebih baik lagi, bila perguruan tinggi tersebut memiliki wadah pengembangan karir untuk membantu menyalurkan lulusannya bekerja di industri yang sesuai. Jangan sampai anda terjebak di perguruan tinggi yang lulusannya ternyata sangat sulit mencari pekerjaan atau menganggur tidak bekerja. Sekali lagi, pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sangat menentukan masa depan Anda!

Dengan ribuan pilihan yang ada, memilih kampus mungkin terlihat sebagai keputusan yang sangat sulit. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menemukan kampus yang paling tepat dan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Bergabunglah dengan keluarga besar kami di: www.stba-pertiwi”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *