,

Civitas Akademik Halal Bihalal dengan Mahasiswa STBA Pertiwi 2019

Suasana penuh kehangatan dan keakraban para mahasiswa dan Civitas Akademik STBA Pertiwi berbaur dalam rangka Halal Bihalal dalam lingkungan Kampus,  Halal bihalal adalah  tradisi beragama bangsa Indonesia khususnya umat Islam. Setiap hari raya idul fitri semua orang, keluarga, instansi, organisasi tidak ada yang tidak melaksanakan halal bihalal.

Seperti halnya tradisi lainnya, halal bihalal  memiliki beberapa makna dalam kehidupan masyarakat. Lynton Keith Caldwell ( 1970), dalam ” Environment : A Challenge for Modern Society “ menegaskan bahwa setiap budaya atau tradisi pasti memiliki pelajaran atau makna untuk merubah cara fikir dan mental manusia.

Suatu tradisi akan mampu merubah perilaku suatu bangsa jika tradisi tersebut benar – benar dipahami dan dijadikan spirit kehidupan.

Hakekat halal bihalal adalah mengajarkan kepada umat Islam dan bangsa Indonesia untuk konsisten dan selalu komitmen kepada amalan atau perbuatan yang positif (bermanfaat) baik untuk dirinya, keluarga dan masyarakat.

Perbuatan atau perilaku positif itu akan selalu tumbuh jika apa yang diperbuat selalu berdasar pada aturan atau regulasi yang berlaku. Kesediaan manusia untuk tunduk dan patuh kepada aturan  jika tidak memiliki kesombongan atau tidak merasa paling benar sendiri.

Tiga pesan yang ada di dalam tradisi agama halal bihalal jangan hanya menjadi ritual tradisi keagamaan (simbol) semata mata. Halal bihalal  benar – benar mampu dijadikan inspirasi untuk merubah atau  memperbaiki sikap kepribadian dan perilaku bangsa Indonesia umumnya dan umat Islam khususnya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *