, ,

SISTEM PENDIDIKAN TINGGI 2018 STBA PERTIWI

Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi Indonesia pada hari Sabtu, tanggal 15 September 2018 telah menyelenggarakan salah satu agenda penting setiap tahunnya yaitu, Sistem Pendidikan Tinggi atau biasa disingkat SPT. Agenda tahunan wajib ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih mendalam tentang STBA Pertiwi khususnya serta bagaimana proses belajar mengajar yang ada di STBA Pertiwi. Mahasiswa/I baru yang diundang pun diharapkan untuk bisa menjadi salah satu ajang mengenal satu sama lain antara mahasiswa/I baru.

Agenda pertama di buka oleh Ketua STBA Pertiwi yaitu Bapak Didi Mulyadi, S.S., M.M. Sebelum memulai SPT 2018 ini, Bapak Didi Mulyadi, S.S., M.M mengajak mahasiswa/i baru untuk melakukan pemanasan. Selanjutnya, beliau memberikan pengenalan dan paparan tentang Kampus STBA Pertiwi yang memiliki tiga cabang dan kapan berdirinya STBA Pertiwi, yang mempunyai nama awal Akademi Bahasa Asing Pertiwi. STBA Pertiwi yang mempunyai pengalaman lebih dari 35 tahun dalam Pendidikan Bahasa Inggris, akan memberikan bantuan kepada mahasiswa/I baru untuk mencapai cita-cita dan tujuannya, dalam hal mempelajari Bahasa Inggris. Bapak Didi juga memberikan gambaran bagaimana caranya agar para mahasiswa/I baru dapat berkomitmen untuk bisa menyelesaikan studinya hingga 4 tahun ke depan walau halangan apapun menerjang.

Dalam sesi ini pun, beliau mencoba bertanya kepada mahasiswa/I baru tentang bagaimana mereka mendapatkan informasi tentang STBA Pertiwi, dan mengapa mereka memilih STBA Pertiwi. Beberapa menjawab, karena mereka mengakui STBA Pertiwi yang sudah terakreditasi B dari BAN – PT dan juga ada beberapa mahasiswa/I yang menjawab tentang lokasi strategis STBA Pertiwi.

Agenda selanjutnya, yaitu paparan informasi dan proses pembelajaran yang ada di STBA Pertiwi oleh Ibu Wulansari, S.Pd., M.Hum selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik. Bersama tim akademik yang di perkenalkan oleh Ibu Wulan, beliau memulai dengan memperkenalkan STBA Pertiwi beserta proses pembelajaran, yaitu dari tata tertib hingga apa itu yang disebut Formulir/Kartu Rencana Studi (FRS/KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), dan juga berbagai mata kuliah yang bisa didapatkan oleh mahasiswa/I baru ketika mereka belajar di STBA Pertiwi selama 4 tahun kedepan.

Ibu Wulansari dibantu oleh Bapak Priyoto, S.S., M.Pd selaku Ketua Jurusan di STBA Pertiwi, memaparkan tentang tata cara dan tata tertib Ujian di STBA Pertiwi. Tidak hanya Ujian Akhir Semester dan Ujian Tengah Semester, tapi mahasiswa juga mengikuti ujian tambahan yang diwajibkan STBA Pertiwi yaitu Ujian TOEFL, Uji Kompetensi Bahasa Inggris dan Ujian Skripsi atau Comprehensive Test.

Selanjutnya, masuk ke agenda dimana Bapak Abdillah, S.E., M.M selaku Wakil Ketua II Bidang Keuangan STBA Pertiwi memberikan paparannya mengenai sistem administrasi keuangan dan penjelasan tentang proses angsur dari biaya kuliah di STBA Pertiwi. Beliau juga menjelaskan, apa saja fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa/I selama di STBA Pertiwi. Mahasiswa/I baru di STBA Pertiwi akan mendapatkan fasilitas asuransi Pendidikan dan berbagai perlengkapan selama para mahasiswa/I belajar di STBA Pertiwi, yaitu jaket almamater, Basic Leadership Training, dan juga seminar.

Agenda selanjutnya, Ibu Sri Marleni, S.S., M.Hum selaku Staff Wakil Ketua III Bidang kemahasiswaan memberikan paparan nya mengenai kegiatan mahasiswa/I STBA Pertiwi dan bagaimana caranya mahasiswa/I baru dapat bergabung dalam kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut. Seraya menjelaskan, Ibu Sri Marleni juga memperlihatkan foto-foto dari kegiatan mahasiswa dalam UKM atau apa saja acara yang telah diselenggarakan, terutama oleh Senat Mahasiswa/I di STBA Pertiwi.

Pemaparan terakhir diisi oleh Bapak Mashuri, S.S>., M.Pd selaku pengurus Unit Penjaminan Mutu dari STBA Pertiwi. Beliau juga memperdalam pengetahuan tentang tata tertib STBA Pertiwi, terutama dalam hal proses belajar mengajar dan tata tertib mahasiswa/I di STBA Pertiwi. Agenda terakhir dilanjutkan dengan pengisian Formulir Rencana Studi oleh mahasiswa/I baru STBA Pertiwi beserta Pembimbing Akademik masing-masing kelas atau wali kelas selama para mahasiswa/I belajar di STBA Pertiwi. Lalu, berakhirlah acara Sistem Pendidikan Tinggi STBA Pertiwi 2018 yang mengawali dan menandai bahwa kelas dan semester baru bagi seluruh mahasiswa/I STBA Pertiwi telah dimulai.

 

Bagi mahasiswa/i baru yang ingin mengisi Formulir Rencana Studi secara online, dapat mengunduh Panduan SIAP di bawah ini:

PANDUAN Sistem Informasi Administrasi Pertiwi (SIAP)

Pengisian FRS dapat dimulai pada Senin Sore. Terima kasih.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *