,

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa STBA Pertiwi 2018

LDKM STBA PERTIWI 2018

Hari ke – 1

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa merupakan salah satu agenda penting dalam organisasi mahasiswa atau mahasiswi di suatu kampus. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk dan mengasah keahlian kepemimpinan dan pengorganisasian sebuah organisasi di suatu perguruan tinggi. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi pada hari Minggu sampai Senin, tanggal 29-30 Juli 2018 telah mengadakan acara bermanfaat tersebut yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi semester 4 dan 6 STBA Pertiwi di Auditorium STBA Pertiwi Cililitan.

Agenda penting ini dimulai pada hari Minggu pada pukul 10 pagi yang dibuka oleh MC yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi STBA Pertiwi yaitu Ms. Diana dan Mr. Alfredo. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan sambutan dari staff kemahasiswaan yaitu Ibu Sri Marleni, S.S., M.Hum selaku koordinator acara ldkm stba pertiwi 2018. Beliau mengatakan bahwa ldkm ini ditujukan untuk melatih dan mengasah jiwa kepemimpinan setiap mahasiswa yang hadir pada ldkm kali ini. Ajang ldkm juga dimaksudkan untuk mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa serta alumni, yang turut hadir dalam acara ini.

Agenda selanjutnya adalah sambutan dari ketua pelaksana Mr. Vinsensius De Paulo. Ketua pelaksana memberikan pesan kepada seluruh peserta bahwa acara ini digelar agar mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa semester terdahulu dan yang terbaru agar mempunyai sinergi dalam bekerja sama. Perbedaan sifat dan waktu berorganisasi itu pasti ada, tapi bagaimana menghadapi perbedaan dan menyatukan waktu untuk berorganisasi itu yang penting didiskusikan. Bagaimana jika seseorang ingin mencapai tujuan jika hati belum menyatu?

Agenda selanjutnya adalah presentasi marketing media sosial yang di bawakan oleh Ms. Dwi Febriyanti. Presentasi marketing media sosial ini dilakukan guna memperkenalkan STBA Pertiwi sendiri dan juga akun media sosial STBA Pertiwi. Hal ini dirasa penting karena perkembangan teknologi, media sosial merupakan media informasi yang cukup memberikan andil bagi pengenalan suatu kampus apalagi kegiatan mahasiswa di dalamnya. Agenda dilanjutkan dengan acara Alumni Sharing. Dihadiri oleh Mr. Muhammad Hasan, seorang alumni STBA Pertiwi angkatan pertama yang memberikan pengalaman ketika beliau menjadi senat mahasiswa di STBA Pertiwi. Beliau menceritakan bahwa dahulunya mahasiswa sangat amat kritis yang sangat memikirkan negara. Beliau memberikan nasihat bahwa, jangan takut jika kita diremehkan. Salah satu pesan beliau adalah, tuluslah dalam mengerjakan sesuatu, sampai kau lelah bersamanya.

Setelah waktu istirahat selesai, mulai pukul 12 siang hingga pukul 1 siang, mahasiswa dan mahasiswi kembali untuk menghadiri agenda selanjutnya yaitu Seminar Motivasi dengan tema Kepemimpinan dan Penilaian akan Diri Sendiri. Seminar di lakukan dalam dua sesi.

Seminar pertama dibawakan oleh Mr. Mohamad Wirzal Azraqi, atau biasa dipanggil bang Wirzal. Beliau adalah salah satu motivator muda dan seorang pengusaha yang banyak memberikan seminar motivasi dan kepemimpinan. Dalam seminarnya, beliau memberikan pemaparan dan aplikasi tentang Pemimpin dan Kepemimpinan dan bagaimana menghargai diri sendiri dalam dunia organisasi dan juga dalam dunia pekerjaan. Beliau mengatakan bahwa seseorang harus mempunyai nilai diri yang positif agar dapat bermanfaat bagi orang lain ataupun untuk menjadi seorang pemimpin yang baik. Seminar yang diadakan cukup seru dan menarik perhatian para mahasiswa dan mahasiswi karena beliau menyelipkan banyak canda tawa dan permainan.

 

Seminar kedua dibawakan oleh Mr. Hupron Fadilah, seorang kepala sekolah dan guru TK dan Paud di salah satu sekolah di kawasan Cikeas, Jawa Barat. Beliau memberikan seminar mengenai bagaimana memupuk kebiasaan positif dan perlahan menghapus kebiasaan negatif secara konsisten. Mr. Hupron Fadilah memberikan seminar dengan mengajak mahasiswa dan mahasiswi yang hadir untuk aktif dan memberikan gagasan mereka tentang kebiasaan positif dan negatif yang telah dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi peserta seminar. Hal ini dirasa penting karena untuk menjadi pemimpin yang baik, salah satu hal nya adalah dimulainya kebiasaan yang baik dan digunakan untuk mencapai cita-cita, tujuan ataupun harapan yang diinginkan.

Agenda selanjutnya, mahasiswa dan mahasiswi kembali ke ruangan auditorium setelah mereka memasuki waktu istirahat dan shalat magrib dan isya. Mahasiswa kembali dipertemukan oleh beberapa alumni, seperti Ms. Fitri Khasanah, Ms. Nirmala, Mr. Stenly dan Mr. Les Vis. Mereka kembali dalam sesi Alumni Sharing dimana mereka membagikan pengalaman mereka ketika mereka berorganisasi dalam organisasi senat mahasiswa 2014. Mereka menceritakan suka dan duka yang didapat pada saat mereka menjalani tugas tersebut. Mereka juga membagikan pengalaman bahwa menjadi seorang senat harus terus bersemangat walaupun berbagai rintangan di luar menghadang. Juga, para alumni memberikan nasehat bahwa ldkm yang diselenggarakan adalah salah satu hal bermanfaat bagi para mahasiswa dan mahasiswi STBA Pertiwi di dunia kerja.

Pada malam hari, agenda dilanjutkan dengan acara hiburan dan permainan-permainan yang mengasah jiwa kerja sama para mahasiswa dan mahasiswi. Mereka bersuka ria memainkan permainan tersebut. Para grup juga diminta untuk menampilkan keahlian mereka dalam bidang seni.  Lalu, mahasiswa bermain permainan kumpul pita dan merebut kursi seraya berdendang dengan lagu.

Hari ke – 2

Pagi hari tiba, para peserta ldkm mengikuti agenda selanjutnya yang dimulai dengan senam bersama serta para peserta kembali bersuka ria untuk bersenam bersama. Setelah para peserta ldkm senam bersama, mereka melakukan sarapan bersama dan kembali ke grup – grup yang sudah diputuskan.

Para panitia yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi semester 6, para panitia memberikan permainan-permainan yang mengasah kembali kepemimpinan mereka dan kerja sama tim yang baik. Permainan seperti memindahkan karet dengan sedotan dan juga permainan memindahkan tepung dan mengumpulkan sebanyak banyaknya, adalah permainan yang dipilih para panitia. Sorak sorai peserta bertambah ramai, suka cita terlihat dalam permainan tersebut dan pada akhir acara, mereka mendapatkan hadiah untuk yel terbaik, pemenang permainan-permainan, dan yel terheboh.

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa tahun 2018 selesai dengan sambutan penutupan dari Ketua STBA Pertiwi, Mr. Didi Mulyadi, S.S., M.M. Beliau memberikan masukan dan nasihat yang didapat dari kegiatan ldkm bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berterima kasih kepada seluruh anggota panitia yang sudah menyelenggarakan acara ldkm 2018 STBA Pertiwi.

Semoga seluruh peserta yang mengikuti acara ini mendapatkan manfaat dan dapat mengasah lebih kebiasaan baik yang bisa menunjang cita-cita yang ingin dicapai. See you on the next #ldkmstbapertiwi!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *