Libur Telah Tiba, Yuk Lakukan Hal Ini…

1. Menonton film berbahasa Inggris

Libur telah tiba,  baru pun tiba juga. Banyak sekali film-film baru yang akan tayang di tahun 2017 ini. Kegiatan ini sangat amat bermanfaat untuk mengisi liburan kamu, disamping memberikan kesenangan untuk kamu. Di liburan semester ini kamu akan tetap bisa melatih kepekaan telingamu, kecermatanmu dalam menganalisa karya literasi bergerak dalam hal ini film, dan juga banyak kata-kata baru yang bisa kamu pelajari dan pahami. Film-film yang akan tayang di dua bulan awal tahun 2017 adalah XXX3 : The Return of The Xander Cage, Live by Night, Resident Evil : The Final Chapter yang bergenre laga, John Wick, Split, dan The Lake yang bergenre thriller dan laga, dan juga ada film comedy seperti Table 19 dan Monster Trucks.  Atau kamu ingin film yang cukup serius, kamu bisa menonton film A Cure for Wellness dan Same Kind of Different As Me. So, semua film tersebut bisa saja kamu lihat dan nikmati karena waktu liburan yang cukup lama, setelah itu kami bisa buat review dan analisisnya kan, belajar sambil bersantai di liburan kali ini.

2. Membaca buku dan membuat review
 

Membaca buku juga menjadi salah satu kegiatan liburan bermanfaat yang wajib kamu jalani. Kenapa wajib? Karena lewat buku kamu masih akan bisa mempertahankan kecermatan kamu dalam menganalisa tulisan dan karya literasi tersebut. Banyak sekali buku-buku karya-karya penulis terkenal dari yang sudah tidak asing lagi seperti buku-buku karya Shakespeare dan Sir Arthur Conan Doyle dan juga penulis-penulis modern saat ini seperti J.K Rowling dengan Harry Potter nya dan Gayle Forman dengan buku If I Stay yang sudah dibuat versi filmnya juga. Setelah kamu menikmati karya-karya mereka, saatnya kamu membuat review dari buku tersebut, pastinya membuat review dengan menggunakan bahasa Inggris.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan setelah mengulas suatu buku, atau yang biasa disebut book review. Mengulas suatu buku dapat memberikan manfaat yaitu, memahami isi bacaan dan membantu berpikir analitis, juga dapat memberikan ilmu baru. Book Review juga dapat memberikan manfaat untuk membantu kita berpikir sistematis, bagaimana buku itu ditulis, apa rasa yang coba diberikan oleh sang penulis, dan bagaimana ciri khas yang ada di dalam suatu buku yang kita ulas. Bahkan mengulas buku sendiri dapat memberikan kamu uang tambahan, jika kamu sudah menjadi seorang book review  yang profesional.  Tapi yang pasti, supaya lebih menantang cobalah buat book review mu dengan menggunakan Bahasa Inggris.

3. Datangi perpustakaan dan mencari referensi yang akan kamu gunakan untuk semester selanjutnya

Mungkin cara ini jarang dicoba banyak mahasiswa di Indonesia. Tapi, tidak ada salahnya kan kita ‘nyolong start’ dulu. Mempelajari beberapa mata kuliah yang nantinya akan memberikan kamu ilmu yang bisa lebih awal kamu dapati. Jadi, ketika kamu sudah ada di dalam kelas di semester baru kuliahmu, kamu bisa mengikuti dengan sedikit lebih mudah karena sebelumnya kamu sudah mencari tahu bahan-bahan atau pelajaran apa saja yang kamu pelajari di semester baru.

Disamping liburan kamu tambah berisi, kamu sudah pasti siap untuk menghadapi semester baru yang pastinya lebih menantang dan akan lebih sulit pelajaran atau mata kuliahnya. Perencanaan kuliah ini dapat kamu bagi kepada teman-temanmu, atau kamu bisa belajar bersama dengan teman-temanmu tentang mata kuliah atau pelajaran mana saja yang nantinya akan sulit untuk dipelajari. Kegiatan ini juga menjadi ajang kumpul bersama sebelum memulai semester barumu. Tidak usah diambil pusing, carilah tempat belajar bersama yang nyaman dan sekiranya asyik untuk kamu dan teman-temanmu belajar bersama, semisal di Taman atau di Coffee Shop yang saat ini menjadi tempat berkumpul yang cukup terkenal di kalangan anak muda.

4. Datangi museum-museum


Hayo! mengaku saja, kapan terakhir kali kamu mengunjungi museum? Setahun lalu? Enam bulan lalu? Lebih bagus seminggu yang lalu. Terkadang mungkin miris mendengar teman atau saudara kita yang jarang sekali mengunjungi museum, tapi tidak ada kata terlambat. Ajaklah diri sendiri dan orang lain untuk mengunjungi museum dari sekarang. Memang apa manfaatnya? Tidak usah ditanya, museum pastinya memberikan beribu manfaat untuk kalian.   

Mengunjungi museum dapat menambah pengetahuan, selain itu juga kamu akan lebih cinta pada negaramu sendiri melalui museum. Karena dengan mengunjungi museum, kita jadi lebih tahu sejarah para pahlawan dan bagaimana suatu negara dapat merdeka dan terbentuk. Melalui kunjungan kita ke museum juga dapat membentuk karakter bangsa agar lebih peduli pada negara dan sesamanya. Dengan museum karakter bangsa dapat terbentuk karena adanya kombinasi peran museum yang memberikan informasi edukasi bagi para pengunjungnya.

5. Mengajar Bahasa Inggris

Untuk kamu, para mahasiswa Sastra Inggris, dapat membagi ilmu yang sudah kamu dapat kepada orang lain adalah suatu hal yang amat bermanfaat. Di liburanmu kali ini, kenapa tidak memanfaatkan waktu untuk sekedar mengajar kepada anak-anak yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Ajak mereka untuk berkumpul sepulang sekolah dan belajar bersama mengenai bahasa Inggris di rumahmu. Mulai saja dari yang sederhana, seperti mengenal warna, mencoba percakapan untuk sekedar berkenalan, ataupun mengajarkan mereka jika mereka punya pekerjaan rumah. Hal ini juga akan tetap menjaga dirimu dari lupa dengan mata kuliah-mata kuliah yang berkaitan dengan bahasa Inggris.

Mengajarkan para anak-anak, dapat memberikan manfaat yang nantinya untuk anak tersebut dapat menggunakan bahasa Inggris sejak dini. Kamu tahu kan, masa anak-anak adalah masa yang paling baik untuk menyerap ilmu. Jadi, disamping bermanfaat untuk anak-anak yang kamu ajarkan, bermanfaat juga untukmu agar selalu mengingat dan me-refresh otakmu mengenai pelajaran bahasa Inggris. Tidak hanya anak-anak yang bisa kamu ajarkan bahasa Internasional ini, tapi juga orang dewasa atau remaja yang ada disekitar rumahmu.

 

Jadi, liburan kali ini dijamin tidak akan membosankan, sebaliknya liburan kali ini akan kamu isi dengan kegiatan bermanfaat dan menyenangkan. Happy Holiday, Fellas!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *