Let’s Get the Benefit from The Test

“Memangnya ada keuntungan dari mengikuti ujian atau tes?”

Pertanyaan ini mungkin akan muncul ketika kamu membaca judul yang terpampang pada artikel ini. Ya, terkejut pasti! Apalagi kalau orang-orang di sekitarmu, ataupun kamu sendiri mendengar kata ‘ujian/tes’ rasa berbeda muncul. Degub jantung berdetak cepat dan keringat dingin mengucur dari dahi atau beberapa bagian tubuhmu. Ya, kata itu membuat beberapa orang bahkan tidak bisa tidur semalaman. Tetapi, perlakuan tersebut terlalu berlebihan, padahal tes atau ujian itu sendiri memiliki manfaat, dalam hal ini adalah tes bahasa asing, yaitu bahasa Inggris.

Kita mengetahui bahwa bahasa Inggris sendiri memiliki empat skill yang berbeda, pastinya masing masing memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri jika kita mendalaminya matang-matang. Tes dalam bahasa Inggris pun menguji empat skill tersebut, dan terkadang dua dari skill tersebut menjadi momok bagi sebagian orang dalam belajar bahasa Inggris. Sebagian orang tersebut memilih salah satu atau dua dari skill tersebut yang mereka dalami, padahal empat skill tersebut saling menunjang dan penting jika mempelajari bahasa Inggris. Nah, pastinya setelah tahu bahwa empat skill tersebut penting, pada saat melakukan ujian atau tes bahasa Inggris, kamu akan fokus pada keempat skill tersebut.

Untuk itu, supaya kamu tambah ‘pede’ pada saat melakukan ujian bahasa Inggris itu, kamu harus mengetahui manfaat atau keuntungan sebelum dan sesudah tes tersebut.

1. Lebih tekun dalam mempelajari bahasa Inggris

Ya, pastinya ketika kamu mendengar bahwa akan ada tes seminggu atau keesokan harinya, kamu akan lebih sering membuka buku pelajaranmu. Bahkan, orang malas sekalipun. Tak mungkin sekali kamu dengan percaya dirinya tiba-tiba langsung duduk tenang mengikuti tes tanpa memegang atau menyerap sama sekali ilmu tentang pelajaran yang akan diujikan. Setidaknya kamu akan membuka buku mata kuliah dan pelajaranmu untuk sekedar mempelajarinya sebelum mengikuti tes. Jika kamu terus menerus melakukan hal ini, maka hal itu akan menjadi suatu kebiasaan. Nah, hal ini akan membuat dirimu menjadi tekun belajar, tidak hanya untuk tes bahasa Inggris itu sendiri.

2. Level bahasa Inggrismu bertambah

Dengan membiasakan diri untuk belajar sebelum tes, kamu akan terbiasa untuk mengulang pelajaran tersebut. Pelajaran yang sering di ulang tersebut akan lebih mudah menempel di dalam otak kita. Selanjutnya kamu mempraktekkannya bukan hanya karena kamu melakukannya untuk tes. Karena biasanya apa yang telah kamu pelajari, kamu tidak mungkin sekaligus lupa akan pelajaran tersebut dan cenderung mempraktekkannya.

3. Lebih Percaya Diri

Karena kamu sudah mempunyai bekal sebelum bertempur, kamu pastinya akan lebih percaya diri menghadapi apapun yang akan menghadang di medan tempur lagi, dalam hal ini ujian. Karena kamu sudah mempelajari dan mempersiapkan diri untuk ujian tersebut, maka kamu akan dengan lancar mengerjakannya, dan terutama lebih percaya pada diri sendiri. Ingat, percaya pada diri sendiri tidak mudah loh! Apalagi jika kita tidak menyiapkan apapun sebelum ujian, pribadi kita cenderung takut menghadapi ujian dan pada akhirnya bertanya ke teman di saat sesi ujian tersebut.

Nah, rasa percaya diri ini juga tidak hanya akan tertanam pada dirimu saat akan menghadapi ujian, tetapi juga, pada kehidupanmu sehari-hari. Kamu akan lebih percaya pada dirimu ketika menghadapi apapun, apalagi kamu melakukannya dengan persiapan yang mantap. Percaya pada diri sendiri itu penting, supaya kita tak selalu bergantung pada orang lain.

4. Mengetahui Sejauh Mana Kemampuanmu

Ketika menghadapi tes, pastilah ada di dalam benak kita bahwasanya berapa nilai yang akan kita dapat setelahnya. Memang penting sekali mengetahui nilai yang akan kamu dapat, setelahnya kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuanmu melalui skor tersebut. Nah, ketika kamu mengetahui kemampuan, kamu akan cenderung menganalisa dan kamu akan menambah waktu dalam mempelajari bahasa Inggris. Dan ketika kamu mengikuti tes selanjutnya, pasti akan ada peningkatan dalam mengerjakan tes tersebut maupun dalam mendapatkan nilai yang baik setelah tes atau ujian.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapat sebelum dan sesudah mengikuti ujian. Kamu sekarang sudah siap menghadapi ujian, terutama bahasa Inggris.  Tidak perlu takut dengan ujian, selama kamu mempersiapkannya dengan baik, kamu akan percaya diri melakukannya. Lagi pula, hidup ini juga pasti ada ujian pula, kan?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan