Bahasa Inggris, Biar Pemula, Pasti Bisa!

Bahasa Inggris mungkin menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Tetapi, tidak sedikit pula yang menganggap bahwa bahasa Inggris adalah pelajaran yang sangat menyenangkan. Di permulaan pembelajaran bahasa Inggris tak jarang banyak orang yang menganggap bahwa pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari di kemudian hari dan juga untuk digunakan dalam bahasa sehari-sehari. Tak jarang banyak istilah, ‘belajar bahasa sendiri saja belum benar, mau belajar bahasa Inggris?’ sering kali muncul.


Sebagai seorang pemula dalam hal mempelajari bahasa Inggris, tidak heran jika nantinya para pembelajar itu akan merasa dirinya tak bisa sama sekali, atau bahkan mereka ingin menyerah dalam mempelajari bahasa internasional itu. Mereka sering kali pula merasa malas, bahkan tidak sangka mereka akan berhenti dalam mempelajari bahasa Inggris. Kita harus tekankan prinsip atau peribahasa ‘bersusah susah dahulu bersenang senang kemudian.’

Nah, untuk jadi pemula dalam mempelajari bahasa Inggris, tidak perlu ragu dan takut. Beberapa orang yang masuk dalam perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang mengambil jurusan bahasa Inggris, biasanya mereka seperti belajar dari mula lagi, akibat pelajaran bahasa Inggris mereka tidak terus diasah setelah lulus sekolah. Sebagai pemula dalam bidang ilmu bahasa Inggris, pastilah sulit untuk para mahasiswa atau pembelajar ini untuk menekuni pelajaran yang satu ini. Tetapi yakinlah bahwa walaupun sebagai pemula atau orang ‘yang belajar bahasa Inggris’ lagi, akan mampu untuk belajar dan terus mengasang kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Banyak keluhan yang muncul, tapi pasti ada solusi untuk pemula dalam mempelajari bahasa yang digunakan pertama kali oleh lebih dari 375 juta orang di dunia ini. Nah, berikut adalah suka dan duka berikut dengan tips yang mungkin membantu para pemula dan orang-orang ‘yang belajar kembali bahasa Inggris’ ini…

  1. “Hmm… Hmm…” lalu menggelengkan kepala.

Mungkin pemula akan melakukan hal ini jika ditunjuk untuk melakukan praktek speaking skill di dalam kelas conversation. Mereka akan panik dan alhasil mereka tidak berani untuk berbicara.

Tenang, sebaiknya ketenanganlah yang harus dibangun. Tarik nafas perlahan dan tanamkan perkataan ‘aku bisa’. Ketika kamu diberikan waktu untuk berbicara, berbicaralah, walaupun itu hanya satu dua patah kata dalam bahasa Inggris. Tidak usah khawatir bahwa guru atau dosenmu tidak akan mengigitmu. 😀

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Di dalam pelajaran writing skill English, mungkin kamu akan berkata, “Harus menulis apa ya?”

Pernyataan ini sering muncul, karena mungkin kamu akan kebingungan untuk menulis hal apa semisal mengenai tenses past simple dan present simple. Pernyataan ini juga bisa muncul ketika kamu kurang menguasai beberapa vocabulary sederhana, karena kamu benar-benar pemula.

Mungkin kamu bisa mencoba menceritakan hal-hal sederhana mengenai kegiatan kamu sehari-hari. Percayalah, dosen atau gurumu tidak akan melepas begitu saja dirimu dalam menulis menggunakan bahasa Inggris, kamu masih diperbolehkan untuk melihat kamus.

3. “Simple Present itu yang mana ya?”

Ini pernyataanmu jika sedang mempelajari tata bahasa Inggris.

Mungkin akan banyak pertanyaan lain yang muncul, tetapi percayalah, pertanyaan mu itu pasti bisa dijawab oleh dirimu sendiri, karena ada kemauan dalam belajar bahasa Inggris. Belajar tata bahasa Inggris tidak serta merta harus selalu membaca buku tata bahasa itu sendiri, kamu bisa mencobanya dengan membuat form dalam bentuk yang lebih berwarna dan mudah diingat. Dengan begitu kamu tidak akan bosan untuk mempelajarinya. Teruslah berlatih, maka dengan terbiasa dirimu berlatih, maka pembelajaranmu akan semakin terasah.

4. “Saya tidak mengerti teks berikut, arti kata ini apa ya?”

Pertanyaan ini mungkin akan muncul dalam kelas English Reading Skill. Tetapi, pasti ada beberapa kata yang kamu kenal untuk teks yang biasanya kamu baca dikelas atau di media sosial online. Mungkin kamu bisa belajar mengerti dengan mempelajari kutipan-kutipan dalam bahasa Inggris. Kutipan itu pastinya tidak lebih dari dua kalimat, yang mana kamu bisa membacanya secara cepat dan menambah kosa kata mu dalam bahasa Inggris. Baru setelah itu, ketika kamu di dalam kelas dan guru atau dosenmu memberikan teks dalam bahasa Inggris, kamu perlahan bisa mengerti apa yang dimaksud dalam teks tersebut dan mengambil poin-poin pentingnya.

5. “Menganalisa cerita? Membaca saja malas…”

Bagi para mahasiswa jurusan sastra inggris yang baru pertama kali tahu tentang pelajaran menganalisa cerita, pastinya penyataan dan pertanyaan ini akan muncul. Ya, untuk mahasiswa jurusan bahasa Inggris yang baru sekali mengenal jurusan ini pasti sedikit terkejut dengan pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan analisa cerita-cerita atau literasi dalam Bahasa Inggris. Nah, untuk kamu yang malas membaca, kamu harus mendorong dan sedikit memaksa diri kamu untuk membaca dan menganalisanya. Tidak ada ruginya loh membaca karya sastra, apalagi kita jadi belajar kebudayaan dari negara lain lewat karya sastra tersebut.

6. “Saya malu untuk bertanya guru/dosen itu…”

Malu, sebuah hal yang pastinya muncul ketika kamu mempelajari suatu ilmu, bahkan seperti ilmu bahasa Inggris ini. Ketika kamu sudah sama sekali tidak bisa mengerjakan atau memahami pelajaran yang berkaitan dengan bahasa Inggris, kamu mungkin merasa bingung untuk bertanya kepada siapa, terkadang kamu merasa malu dan takut untuk bertanya pada guru dan dosen yang ada di kelasnya. Tak masalah, kamu bisa belajar dengan siapa saja. Kamu bisa belajar dengan teman kamu, ataupun asisten dosen yang tersedia. Selama kamu nyaman dan bersemangat untuk belajar bahasa Inggris. Apalagi, jikalau kamu adalah seorang pemula.

Sebenarnya, tidak ada namanya seorang pemula dalam mempelajari bahasa Inggris. Karena di zaman modern seperti sekarang ini, mempelajari bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting. Bahkan, anak kecil pun sudah bisa sepatah dua patah kata menyebutkan kata atau kalimat bahasa Inggris. So, walaupun kamu merasa sebagai seorang pemula ataupun seseorang ‘yang belajar lagi bahasa Inggris’, tapi yakinkan bahwa dirimu bisa menguasai bahasa Internasional ini.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *