Beasiswa Bidikmisi 2016 – STBA Pertiwi

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari Kemenristek Dikti, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Berikut adalah daftar Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi Penyelenggara Bidikmisi, Format data pembukaan rekening, dan Syarat Umum Beasiswa Bidikmisi 2016.

Format Data Mandatory Pembukaan Rekening Mahasiswa

Daftar PTS Penyelenggara Bidikmisi 2016

Persyaratan Umum Beasiswa Bidikmisi 2016 :
 
1. Pendaftar beasiswa harus siswa SMA/MA/SMK/MAK atau sederajatnya yang akan lulus di tahun 2016.
 
2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Beasiswa Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
 
3. Usia maksimal pada waktu mendaftar adalah usia 21tahun.
 
4. Tidak mampu dalam segi ekonomi dengan beberapa kriteria berikut :
 
(1) Siswa merupakan  penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya. Jika kriteria nomor 1 tidak terdapat pada pendaftar maka bisa melihat kriteria nomor 2.
 
(2) Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami/istri) perbulannya Rp. 3.000.000,00 atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) dibagi dengan jumlah anggota keluarga yaitu Rp.750.000,00 perbulannya.
 
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya adalah tingkat S1 (Strata 1) atau D4 (Diploma 4).
 
6. Mempunyai potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari kepala sekolah yang bersangkutan.
 
7.  Pendaftar akan difasilitasi untuk memilih salah satu di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan ketentuan berikut :
 
(1) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan pilihan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri di masing-masing PTN.
 
(2) Politeknik, UT, dan ISI.
 
(3). Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sesuai pilihan seleksi masuk.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan