Belajar Sastra Inggris? Kenapa tidak?

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang penting bagi perjalanan hidup manusia. Ada berbagai macam jenis bahasa yang ada di dunia. Tapi, untuk menggabungkan seluruh macam bahasa itu,  diperlukan salah satu bahasa yang mudah dipelajari oleh semua orang. Bahasa Inggrislah, yang dinobatkan sebagai bahasa international, baik dalam berbicara maupun dalam bahasa penulisan, karya informal maupun karya formal.

Bahasa Inggris sangat penting dipelajari, apalagi kamu, sebagai generasi muda penerus bangsa, kita perlu tahu dan mempelajari bahasa Inggris, selain pastinya kamus udah mendapat pelajaran bahasa Ibu kamu yaitu Bahasa Indonesia. Setelah kamu merasa mumpuni untuk menggunakan bahasa Inggris, mungkin saja kamu bisa menjadi duta bagi Indonesia untuk mempromosikan kekayaan yang dimiliki Indonesia baik kekayaan hayati, kekayaan sumber daya manusia, ataupun kekayaan wisata kita.

Tak puas mempelajari bahasa Inggris, beberapa orang, mungkin kamu penasaran ingin mempelajari budaya dari negara yang menghasilkan bahasa Inggris itu sendiri. Jika kamu sudah tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai bahasa Inggris, kamu sudah cocok untuk memilih jurusan Sastra Inggris, tapi apa sih jurusan Sastra Inggris itu? Pertanyaan-pertanyaan muncul dibenak kamu dan mungkin inilah pertanyaan yang muncul jika kamu ingin masuk kejurusan Sastra Inggris atau ingin mengetahuinya…

 

 

  1. What is English Literature major?

Jurusan Sastra Inggris merupakan jurusan yang secara umum mempelajari bahasa Inggris, budaya dari Negara Inggris, atau negara yang menggunakan bahasa Inggris, dan mempelajari karya-karya literasi yang dihasilkan negara tersebut. Sastra Inggris di STBA Pertiwi sendiri, memiliki berbagai mata kuliah pilihan yang memang mumpuni untuk dijalani para calon mahasiswa. Sastra Inggris di STBA Pertiwi memiliki berbagai mata kuliah yang seru, semisal telaah drama, Analisis Puisi (Poetry), dan berbagai mata kuliah yang pastinya membuat kamu nanti makin tahu tentang kebudayaan dan karya-karya terbaik yang dihasilkan seniman literasi, khususnya di Negara Inggris, seperti William Shakespeare, Charles Dickens dan Sir Arthur Conan Doyle. Siapa yang tak kenal dengan mereka?

Tak usah khawatir, selain mempelajari kebudayaan dan karya-karya yang merujuk pada jurusan Sastra Inggris, di STBA Pertiwi kamu juga akan mempelajari Basic sampai dengan Advanced English. Dari yang tadinya kamu kurang familiar dengan bahasa Inggris sampai nantinya, kamu ingin sekali dan ingin terus mempelajari Bahasa Inggris. Pastinya, minat besar dalam diri kamu penting untuk menunjang proses belajar kamu disini. Yang pasti, English is fun, you don’t have to be afraid!

2. What hobbies can you develop from English Literature Major?

Enggak hanya belajar dan mendalami tentang bahasa Inggris. Kamu juga akan mendapat kesenangan tersendiri dalam mempelajari mata kuliah yang ada di jurusan Sastra Inggris. Bahkan, semua itu akan memunculkan sebuah hobi-hobi baru kamu, atau mengembangkan hobi kamu sebelumnya. Semisal saja, kamu yang suka menulis, bisa meneruskan hobimu dengan menulis karyamu dalam bahasa Inggris. Yang suka berorasi di depan umum, kamu bisa mengembangkannya kedalam hobi public speaking kamu.

Buat kamu yang hobi membaca, setelah kamu masuk di jurusan keren ini, kamu bisa mengembangkan hobi membaca kamu ketaraf yang lebih tinggi. Bukan hanya menikmati bacaan sebuah buku ataupun puisi, tapi kamu bisa menganalisa maksud dan tujuan si penulis karya tersebut. 

3. What kind of job will I get?

Memang sih, banyak orang mungkin bertanya-tanya, mau jadi apa nanti kalau jurusan kita Sastra Inggris? Mau jadi penyair? Mau jadi guru?Pertanyaan yang sudah biasa muncul.Tapi, jangan minder dulu! Jurusan Sastra Inggris bisa membaur di pekerjaan apa saja. Dengan basic bahasa Inggris kamu, semua aspek pekerjaan hampir semua membutuhkannya. Kalau ditanya mengenai pekerjaan apa yang bisa digeluti? Kamu bisa mengambil beberapa jabatan di kantor maupun di luar kantor. Kenapa?

Bagi kamu yang tidak terlalu suka bekerja di dalam kantor, kamu bisa menggunakan jurusan Sastra Inggris ini untuk mengasah dan memperlancar skill berbicaramu. Semisal, kamu bisa menjadi public speaker, tour guide, dan juga interpreter atau public relation seorang pejabat penting, menjadi seorang jurnalis atau menjadi guru yang memberikan manfaat ilmunya bagi banyak orang dan yang sehari-harinya tidak selalu bekerja di dalam ruangan. Untuk kamu yang suka bekerja di kantor, alias tidak terlalu suka dunia luar, kamu bisa menjadi editor di penerbit-penerbit buku, kamu bisa menjadi translator teks.

                                                                              

                                                                                    

 

Nah, sudah jelaskan sekarang. Belajar Sastra Inggris itu tidak monoton hanya belajar dari segi bahasa saja. Bahkan di Sastra Inggris dari STBA Pertiwi kamu akan mendapatkan Life Skill, atau program keterampilan untuk di dunia pekerjaan atau di masyarakat selanjutnya. So, what are you waiting for? Enggak perlu takut memilih dan menjalani jurusan Sastra Inggris ini!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan