Outbound Mahasiswa Baru STBA Pertiwi

 

 

Outbound merupakan jenis latihan yang memanfaatkan keunggulan alam (outdoor) untuk membangun kerjasama tim Mahasiswa Baru STBA Pertiwi Tahun Ajaran 2015-2016  dan pengembangan diri yang disimulasi dalam outbound melalui permainan-permainan edukatif baik yang dilakukan secara  kelompok. Program Outbound Training yang dilakukan di Hotel Tjokro Cisarua,  bukan hanya tantangan berupa fisik dan mental, tetapi juga tantangan intelegensia. Kegiatan Outbound training dilaksanakan dengan cara memberikan permainan atau kegiatan yang dapat memberikan perubahan karakter untuk menjadi individu yang lebih baik atau positif.

Seperti yang di ungkapkan Wakil Ketua II STBA Pertiwi Abdillah,SE.,MM Outbound training sangat baik dilakukan untuk siapa saja baik individu maupun kelompok mahasiswa atau kelompok organisasi manapun yang  ingin memberi perubahan pada kinerja setiap individu seperti  meningkatkan kualitas mahasiswa maupun orang-orang yang ada dalam organisasi. Outbound juga dapat meningkatkan kreativitas, membangun jiwa kepemimpinan, kerjasama tim, menumbuhkan kebersamaan, rasa saling percaya dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan outbound yang menyenangkan para mahasiswa akan dapat mengambil banyak pelajaran yang nantinya akan diterapkan untuk meningkatkan kinerjanya dan kreatifitasnya.

Deni Wijayanto,SS sebagai Ketua Program Acara  memaparkan pula bahwa outbound ini berorientasi pembentukan SDM sebagai seorang individu yang handal dari segi Kecerdasan Spiritual, Emotional dan Intelektual (IQ) sehingga mampu bekerjasama dalam team dan Ibu Wulansari,Spd.,M.Hum menambahkan melalui kegiatan pelatihan outbound memberikan Alternatif pengembangan SDM secara integrated dengan metodologi Learning by Experience, apalagi ketua STBA Pertiwi menambahkan pula bahwa Outbound training dapat mengembalikan keseimbangan aplikasi kecerdasan akal, kematangan emosi, dan kemampuan bekerjasama serta komunikasi kedalam lingkungan kerja. Dan mudah-mudahan

kegiatan outbound dapat memberikan kesadaran kepada para peserta untuk saling peduli dan mampu mengomptimalkan kekuatan tim sehingga terbentuklah Sinergy dalam bekerja.

Daftar Permainan Outbound STBA PERTIWI

No

Nama Game

PIC

Keterangan

1

JEMBATAN CINTA

 

Lewati dua jembatan bambu dengan berpasangan (pria & wanita) dan berpegangan tangan sampai seberang kolam tanpa tejatuh ke kolam.

Tujuan: Komunikasi, kerjasama, ketenangan dan kecepatan.

Alat: Bambu

2

PYRAMID

 

Peserta membentuk pyramid yang kokoh, dan tinggi didalam kolam dengan cepat, peserta adalah seluruh group itu sendiri

Tujuan : Kekompakan, ketelitian, komunikasi, kesabaran dan keseimbangan..

Alat: Bendera merah putih

3

BULDOZER

 

Gunakan terpal yang berbentuk lingkaran yang diisi oleh pserta sampai membentuk ban buldozer, kecuali ketua kelompok. Jalankan buldozer tersebut sampai ke garis finish dengan aba-aba ketua kelompok.

Tujuan: kekompakan, komunikasi, kesabaran dan keseimbangan.

Tujuan: kekompakan, komunikasi, kesabaran dan keseimbangan.

Alat: Terpal

4

PANCURAN AIR

 

Gunakan Ember sebagai media untuk memindahkan air secara estafet dengan cara duduk bersila.

Tujuan: Komunikasi, kecepatan dan kesabaran

Alat: ember besar dan kecil

5

SPIDER NET

 

OC mengarahkan ketua kelompok untuk memindahkan seluruh anggota kelompok melalui jarring laba-laba tanpa menyentuhnya

Tujuan: kerjasama, komunikasi, kehati-hatian dan kecepatan.

Alat: Tali raffia, bamboo

 

6

MENGURAS KOLAM

 

Gunakan spon untuk menguras air dari dalam kolam dan diperas ke ember yang telah disediakan.

Tujuan: kekompakan, kerjasama, kecepatan dan ketepatan

Alat: Ember dan spon

 

 

No

Nama Game

PIC

Keterangan

 

7

 

SARUNG BERSAMBUT

 

 

Gunakan Sarung untuk dipindahkan melewati badan masing-masing peserta dari peserta pertama sampai dengan terakhir dengan. Peserta berpegangan tangan. Apabila sarung tersebut menyentuh tanah atau peserta terlepas dengan peserta lain maka permainan diulang kembali hingga waktu yang ditentuakan berakhir.

Tujuan : kekompakan, komunikasi dan kesabaran.

8

BAK SEPATU

 

Semua peserta dengan bertelanjang kaki menahan ember yang berisi air secara bersama-sama. Setelah semua peserta sudah menempatkan diri dan berhasil menahan air, satu per-satu peserta melepaskan diri dari kelompok untuk memakai sepatu secara bergantian, dan kembali pada posisi menahan air seperti semula.

Tujuan: kekompakan, komunikasi, kecepatan, keseimbangan

Alat: Baskom

9

ULAR BUTA

 

Peserta dalam satu kelompok berdiri secara sambung menyambung dengan posisi peserta yang ada di belakang memegang pundak peserta yang ada di depannya. Mata peserta yang paling depan sampai dengan yang di depan yang paling akhir ditutup dengan menggunakan kain. Peserta yang paling belakang memiliki posisi sebagai nahkoda. Tim ditugaskan untuk dapat memasukkan benda ke dalam ember yang akan diletakkan secara acak. Dalam memberikan petunjuk kepada tim, nahkoda dan masing-masing peserta dapat menggunakan tepukan pundak untuk belok ke kanan atau ke kiri, dan untuk memperlambat laju atau mengerem dapat menekan semua jari pada pundak peserta yang ada di depannya.

Tujuan: kekompakan, koordinasi, kecermatan perhitungan, kepercayaan, responsive

Alat: Slayer, ember kecil dan bola plastic kecil

 

10

ESTAFET

KARET

 

Gunakan sedotan yang diletakan dimulut sebagai alat unuk memindahkan karet sebanyak-banyaknya dan dikumpulkan di pemain paling akhir. Posisi tangan dibelakang.

Tujuan: kekompakan, kecepatan dan ketepatan

Tujuan: Karet gelang & sedotan

11

LUCKY DRAW

 

Gunakan kartu winner yang didapatkan untuk mengambil kupon di POS Lucky Draw.

Ket: untuk pengambilan kupon lucky draw setiap kelompok hanya mengirim 1 perwakilan.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan