Communcation Skill Seminar Series STBA PERTIWI by Rieke Caroline, SH

Dalam penelitian disebutkan bawha 70% kesalahan dalam dunia lingkungan kerja disebabkan oleh komunikasi yang jelek. Untuk memberikan arti penting tentang Communication Skill Stba Pertiwi mengadakan seminar tentang keahlian komunikasi, hal ini menunjukan bahwa komunikasi ini sangat penting sekali dalam dunia pekerjaan dan seiring dengan kemajuan tekhnologi bahwa gaya komunikasi menunjukan karakter seseorang.

 Seperti yang telah dipaparkan Rieke Caroline, ada beberapa katagori dalam Communications Skill yaitu:

  1. Komunikasi lisan (oral) meliputi penyajian, pemahaman karakter audiens, mendengar secara kritis, dan bahasa tubuh. Komunikasi oral adalah kemampuan untuk menjelaskan dan mempresentasikan ide secara lisan dalam bahasa yang jelas (mudah dimengerti) kepada khalayak yang beragam.  Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk mengemas kata-kata, menggunakan gaya dan pendekatan yang tepat, dan pemahaman tentang pentingnya isyarat non-verbal dalam komunikasi lisan. Teknik komunikasi oral dikembangkan dalam ilmu/teknik public speaking, presentasi, dan siaran radio/televisi.
  2. Komunikasi tertulis (written communication) adalah kemampuan menulis secara efektif dalam berbagai konteks dan untuk berbagai khalayak dan tujuan yang berbeda. Ini mencakup kemampuan untuk menulis bagi khalayak tertentu, dengan menggunakan gaya dan pendekatan yang tepat. Komunikasi tertulis memerlukan keterampilan latar belakang (background skills) seperti menulis akademis, mengedit, membaca secara kritis, dan pengajian data. Hal ini juga meliputi komunikasi elektronik, seperti SMS, email, forum diskusi online, chat room, dan pesan instan (instant messaging).

Selain itu, Pembicara seminar sesi kedua ini juga menjelaskan, bahwa komunikasi merupakan hal yang penting, “Pengetahuan adalah mesin, Komunikasi adalah bensin” Sebuah ilmu pengetahuan atau informasi tidak akan sampai kepada masyarakat luas, apabila tidak tau cara mengkomunikasikannya dengan baik. Oleh karena itulah, ada baiknya kita terus mengamati dan mempelajari ilmu komunikasi, seminimalnya melalui pengamatan kita sehari-hari, baik melalui media maupun komunikasi yang terjadi di lingkungan kita.

Download Materi Seminar:

1. Communcation Skill
2. Public Speaking Basic
3. The Importance of Public Communication

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *