Tips Mencari Status Akreditasi Perguruan Tinggi

 

 

Bagi para lulusan SMA, MA, SMK  yang sedang mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi biasanya anda juga ingin tahu akreditasi perguruan tinggi itu sendiri, karena memang biasanya kualitas perguruan tinggi itu sendiri bisa kita lihat dari akreditasi program studi yang mereka miliki, meskipun pada kenyataannya tidak 100% benar kalau akreditasi baik merupakan perguruan tinggi unggulan. Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur kesiapan suatu PT untuk melakukan proses pendidikan.

Cara Mengecek Status Akreditasi Perguruan Tinggi dapat dilakukan secara  Online dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), karena sekarang ini  status akreditasi program studi  di Perguruan Tinggi se-Indonesia bisa kita lihat melalui website BAN-PT secara online. Status akreditasi program studi semua jenis perguruan tinggi seperti Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, baik negeri maupun swasta bisa dicek langsung sekaligus disertai batas expied dari status akreditasinya, sehingga dari situ kita bisa mendapatkan informasi status akreditasi dari Perguruan Tinggi yang sedang kita cari.

Caranya adalah :

  1. Masuk ke website BAN-PT http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
  2. Pilih Kopertis Wilayah misalnya 3 untuk mencari status STBA PERTIWI
  3. Pilih Tingkat atau jenjang Studi misalnya S1 atau Pilih Semua
  4. Masukkan nama perguruan tinggi misalnya Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi Indonesia
  5. Masukkan nama program studi misalnya Sastra Inggris
  6. Pada Tahun Kadaluarsa SK pilih Semua
  7. Pada Pilihan Status Kadaluarsa SK Pilih Tampilkan semuanya
  8. Klik Cari.

Hasilnya akan tampak seperti dalam gambar dibawah ini


Dengan cara ini kita bisa mengetahui status akreditasi program studi salah satu Perguruan tinggi masuk dalam ketegori A, B atau C. Kita juga bisa mencetak dengan cara klik pada tombol Print yang ada di bagian bawah tabel data hasil pencarian tersebut dan dapat Kita gunakan sesuai kepentingan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan