Donor Darah Bersama STBA Pertiwi

 

 

Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi kembali menggelar kegiatan donor darah. Sabtu 4 April aksi sosial ini dilaksanakan di  Gedung BBC-ETS Karawang, Jalan Kertabumi No.1 – 2, Karawang, dan berhasil mengumpulkan puluhan kantong darah dari para mahasiswa dan dosen.

Selanjutnya darah tersebut disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang.
Kegiatan donor darah ini merupakan hasil kerja sama PMI Karawang dengan STBA PERTIWI (Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi) STIE PERTIWI dan BBC English Training Specialist. Dihadiri  Didi Mulyadi,SS.,MM  Ketua STBA PERTIWI dan Kriwanda,SS., M.Hum selaku Ketua Pelaksana kegiatan Donor Darah mengatakan, Unit Perguruan Tinggi di lingkungan Pertiwi  selama ini memang sangat konsisten membantu PMI baik itu PMI Karawang, PMI Bekasi Maupun PMI Jakarta Timur untuk mengurangi beban dan membantu  mencari darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Hampir setiap 6 bulan sekali setiap kampus  menggelar kegiatan donor darah karena rata-rata kebutuhan darah setiap bulannya meningkat. Dalam setahun ada enam kali kita melakukannya,” seperti yang di sampaikan oleh Wakil Ketua II stba pertiwi Abdilah,SE.,MM.

Dikatakan Wakil Ketua II, mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya.

“Mendonorkan darah juga berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung. Saat sumsum tulang panjang memproduksi sel darah, bukan hanya sel darah merah yang dibuat, tapi juga semua sel darah berserta komponennya,” ucapnya.

Didi Mulyadi,SS,.MM  yang turut hadir sekaligus mendonorkan darahnya pada kegiatan ini mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya.
Menurut Ketua Stba Pertiwi, aksi donor tersebut juga bertujuan untuk menanamkan jiwa sosial kepada masyarakat, melatih diri menjalankan aksi sosial bagi sesama.

“Ini sangat membantu proses pembelajaran dalam hal kegiatan sosial. Donor darah, adalah bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI,” ucapnya.

Atas pelaksana ini kami ucapkan banyak terimakasih kepada para dosen, Mahasiswa, karyawan dan masyarakat setempat yang berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan ini, semoga dalam kegiatan yang akan datang kami masih berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan Masyarakat luas. Amin  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan