Tips Mudah Menghadapi Sidang Skripsi

 

 

Sidang skripsi adalah menakutkan bagi sebagian mahasiswa, bisa saja saat pelaksanaan sidang perasaan tidak pede, lemas,tidak bisa bicara, bingung, serba salah,  deg degan kadang selalu menghampiri kita sewaktu menunggu presentasi sidang. kita semua tahu bahwa ujian skripsi merupakan penentuan seorang mahasiswa dinyatakan lulus atau tidak. Maka dari itulah, agar proses sidang skripsi berjalan lancar, alangkah baiknya jika mahasiswa  melakukan hal-hal bermanfaat dibawah ini

  1. Berpresentasilah dengan singkat dan padat, karena  waktu yang diberikan untuk presentasi ialah sangat singkat antara 15-20 menit.
  2. Santai saja, sidang skripsi itu sama halnya dengan seminar proposal skripsi , hanya saja lebih formal dan serius. Jangan terlalu gugup, pada awal-awal mungkin akan gugup, tapi setelah anda memulainya, anda akan terbiasa.
  3. Jika Dosen memberikan pertanyaan, jawablah dengan nada dan ekspresi yang meyakinkan. Jangan bertele-tele, langsung saja pada pointnya.
  4. Jika dosen memanas-manasi atau menegur dengan kata-kata/tindakan yang menyakitkan, jawablah dan lawanlah dengan santai, jangan lantas anda langsung down. Biasanya hal ini jarang terjadi, tergantung dari dosennya juga (mungkin saja akting, atau dosennya lagi ada masalah). Sejak awal anda menjadi mahasiswa berusahalah untuk dikenal baik di mata dosen, agar dosen juga tak tega untuk men-down-kan anda.
  5. Setiap kritikan dan masukan ada kalanya untuk dipertahankan. Namun jika masukan dan kritikan dosen tersebut masuk akal, logis, dan membangun, sebaiknya anda menerimanya dan mengucapkan terima kasih. Perlu saya beritahu bahwa ujian skripsi pada intinya ialah bagaimana anda mempertahankan skripsi anda agar diterima, namun pembelaan dari anda yang terlalu ngotot, tidak rasional, keras kepala, dan maunya sendiri akan merusak citra dan penilaian penampilan anda dalam sidang skripsi.
  6. Catatlah semua pertanyaan dan masukan dari dosen.
  7. Gunakanlah muka dan ekspresi yang santai, bersahabat, gerak tubuh yang tidak dibuat-buat. Natural saja 🙂
  8. Pakailah kata-kata yang sopan, nada suara (intonasi) yang biasa saja

Demikian tips mudah menghadapi sidang skripsi, semoga bermanfaat buat kita semua. amin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *