Asesmen Lapangan Re-Akreditasi Program Studi S1

 

 

STBA Pertiwi

Jumat (06/06/14) Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris kedatangan tamu Tim Asesor (dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk melakukan Asesmen Lapangan ke STBA Pertiwi.

Tim asesor BAN-PT yang beranggotakan Prof. Mursid Saleh, MA., Phd. dan Dr. Ni Luh Nyoman SM, SS., H. Hum, kali ini berencana untuk melakukan pengecekan atas Borang yang telah dikirimkan. Dalam Asesmen Lapangan ini dihadiri oleh Ketua Didi Mulyadi. SS., MM., Wakil Ketua Bidang Akademik Wulansari. M.Hum, Wakil Ketua Bidang Keuangan Abdillah SE., MM, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan Ir. Hj.Indrie Hartati SS., M.Hum., Kepala Jurusan S1 Setyojati Purweko, Spd., Kepala Prodi Revida Angelberta M.Hum, Serta Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Pertiwi Global Dr. H.Suharsono, Mpd., MM.

STBA Pertiwi

Acara Asesmen Lapangan ini dibuka oleh Ketua Pembina YPPG Dr. H. Suharsono. “Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Tim Asesor dari BAN PT, tim kami siap membantu jika ada data yang perlu disiapkan,” kata Suharsono. Dalam Asesmen Lapangan ini Prof. Mursid Saleh menyampaikan, ”Kami dua orang yang ditugaskan oleh BAN PT untuk melakukan upaya pengecekan atas kondisi yang ada apakah sama dengan borang yang sudah ditulis. Semoga kondisinya sesuai dengan borang yang sudah dikirim. Prof. Mursid Saleh menambahkan, “Apapun hasilnya nanti bukan dari kami berdua melainkan dari BAN PT”.

Bertempat di Aula Kampus, kegiatan Asesmen Lapangan dilaksanakan dalam ruang yang tidak terpisah tujuannya untuk diskusi dan tanya jawab. Kegiatan diskusi dan tanya jawab merupakan agenda kerja Asesmen Lapangan.

Sebagaimana disebutkan dalam buku panduan akreditasi dari BAN-PT, akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Kegiatan Asesmen Lapangan ini merupakan rangkaian dari proses akreditasi setelah program studi mengajukan dokumen (perangkat instrument akreditasi) diajukan dan dilakukan asesmen kecukupan atau yang dikenal dengan desk evaluation. Dalam kegiatan Asesmen Lapangan, dimana asesor sebagai pakar yang memahami pengelolaan perguruan tinggi ditunjuk untuk melakukan kunjungan, melakukan klarifikasi dan validasi data, serta menggali informasi secara langsung.

Selain melakukan tanya jawab dengan pengelola Perguruan Tinggi dan program studi , tim asesor melakukan diskusi dengan dosen dan mahasiswa. Setelah melakukan asesmen lapangan, tim asesor memberikan rekomendasi kepada pengelola dan program studi agar terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan menjaga mutu dan memperbaiki fasilitas yang sudah saatnya untuk diperbaharui termasuk fasilitas yang berkaitan untuk kepentingan dan dirasakan langsung oleh mahasiswa.

STBA Pertiwi

Tahap terakhir setelah melakukan Asesmen Lapangan, tim asesor akan melakukan pembobotan nilai, validasi hasil asesmen lapangan dan kemudian membuat keputuskan akreditasi, mudah-mudahan hasil yang nanti tertorehkan dalam lembaran sertifikat akhir sesuai dengan harapan dari semua Civitas Akademika STBA PERTIWI yaitu “A”. (AD)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan