,

WISUDA BERSAMA STBA-AKPAR PERTIWI 2017

Pagi yang cerah di hari Rabu, 6 Desember 2017. Sekolah Tinggi Bahasa Asing dan Akademi Pariwisata Pertiwi sebagai dua institusi dari Yayasan Pendidikan Pertiwi Global pada hari yang cerah itu menggelar perhelatan akbar satu tahunan yang penting, yaitu Wisuda Bersama STBA-AKPAR Pertiwi. Acara tersebut digelar dengan hikmat untuk melepas para wisudawan dan wisudawati dengan menyematkan dan meresmikan gelar mereka yaitu Sarjana Sastra dan Ahli Madya Bahasa Inggris.

Mengusung tema Developing Competence to Such Excellent Future, agenda dibuka dengan dipersilahkannya para tamu undangan yang dihadiri oleh para orang tua untuk masuk ke dalam venue Wisuda yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Semanggi, Jakarta Selatan. Setelah para orang tua wisudawan dan wisudawati telah masuk ke dalam ruangan wisuda, disusul oleh upacara yang diiringi oleh Tim Paduan Suara STBA dan Akpar Pertiwi untuk menyambut para wisudawan dan wisudawati STBA dan Akpar Pertiwi. Para wisudawan dan wisudawati menempati tempat duduk masing-masing.

Agenda dilanjutkan dengan penyambutan para anggota senat akademik dari STBA dan Akpar Pertiwi yang memasuki ruangan wisuda. Agenda kemudian disusul oleh pembukaan yang dibuka oleh Ketua STBA Pertiwi, Bapak Didi Mulyadi, S.S., M.M dengan dipukulnya palu menandai telah dibukanya acara tersebut. Agenda selanjutnya adalah sambutan-sambutan yang dibawakan oleh Ibu Hj. Tuti Indrayani, S.E., MBA selaku Ketua Yayasan Pendidikan Pertiwi Global yang mengucapkan banyak terima kasih kepada para orang tua dari para wisudawan dan wisudawati yang telah mempercayakan STBA dan Akpar Pertiwi sebagai tempat menimba ilmu bagi para anak-anak mereka. Ibu Hj. Tuti Indrayani, S.E, MBA juga berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati  agar selalu menghormati para orang tua mereka dan berterima kasih atas jasa-jasa mereka hingga para wisudawan dan wisudawati dapat lulus dan mendapatkan gelar mereka.

Sambutan juga diberikan oleh Ketua Panitia Acara yaitu Ibu Wulansari, S.Pd., M.Hum yang memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu acara berlangsung. Beliau juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang hadir pada acara wisuda hari Rabu, 6 Desember 2017. Sambutan lainnya juga datang dari Bapak Budhy Hery Pancasilawan, S.H., M.M selaku perwakilan dari Kopertis Wilayah III Jakarta. Beliau memberikan beberapa nasihat dan standarisasi mengenai wisuda yang digelar oleh Perguruan Tinggi. Penting adanya akreditasi bagi perguruan tinggi yang akan menggelar wisuda, dan juga pelaporan data-data mahasiswa setiap semesternya melalui Kopertis Wilayah III dan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Agenda kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Wisuda Bersama STBA dan Akpar Pertiwi yang dibawakan oleh Bapak Priyoto, S.S., M.Pd.

Agenda selanjutnya adalah Orasi Ilmiah yang dibawakan oleh Bapak Dr. Abdul Basith, …. M.Sc. Orasi Ilmiah yang beliau bawakan memiliki tema Disruption. Beliau menjelaskan tentang perkembangan zaman dan teknologi serta pendidikan yang saat ini semakin maju. Dari bidang pendidikan yang beliau sampaikan, betapa pendidikan itu sangat penting, dan beliau juga menyarankan kepada para wisudawan dan wisudawati agar melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Karena terkadang para wisudawan dan wisudawati tidak ingin melanjutkan pendidikan mereka dikarenakan ganggugan dari berbagai macam hal, contohnya karena tidak adanya waktu atau kemalasan, padahal pendidikan sangat penting sekali untuk jenjang karir, ataupun dari sisi kemajuan pendidikan negeri sendiri.

Orasi Ilmiah dilanjutkan dengan pembahasan gangguan atau kekacauan yang disebabkan dan berakibat pada terhentinya beberapa catatan sejarah dunia. Dikarenakan gangguan yang disebabkan oleh meletusnya Gunung Tambora, catatan sejarah terkenal dunia seperti Perang Napoleon dan penemuan beberapa barang-barang penting dunia terhenti. Ini memperlihatkan betapa dahsyatnya gangguan yang disebabkan oleh Gunung Meletus di Indonesia terhadap catatan penting dunia. Beliau juga menjelaskan, betapa hebatnya perkembangan teknologi di dunia saat ini. Beliau memberikan contoh, bagaimana nanti mobil akan bisa terbang, pemadam kebakaran menggunakan alat canggih yang mengurangi resiko bahaya kepada pemadam itu sendiri dan bagaimana alat-alat rumah tangga dibuat dengan hanya sekali sentuh untuk menggunakannya.

Berlanjut ke agenda puncak wisuda bersama STBA dan Akpar Pertiwi, para wisudawan dan wisudawati dilantik untuk meresmikan bahwa mereka telah mendapat gelar Sarjana Sastra dan Ahli Madya Bahasa Inggris. Lima mahasiswa terbaik STBA Pertiwi pun disebutkan satu persatu, yaitu Ernawati Agustina, S.S, Rizwana Iffat, S.S, Stevan Ardito Oksara, S.S, Inez Fitryanti, S.S, dan Farah Diba Amalia, A.Md. Selanjutnya, pelantikan wisudawan dan wisudawati dilanjutkan hingga 93 mahasiswa lainnya. Para mahasiswa terbaik juga membacakan janji wisudawan dan memberikan kata terima kasih dan sambutan kepada para dosen dan kepada para rekan wisudawan dan wisudawati selama mereka menimba ilmu di STBA Pertiwi.

Acara pun ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Vahruddin Jayadi, MA dan ditutup oleh ketukan palu dari Bapak Didi Mulyadi, S.S., M.M sebagai tanda acara Wisuda Bersama STBA dan Akpar Pertiwi 2017.

Terima kasih kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswa STBA Pertiwi, serta ucapan selamat kami ucapkan atas berhasilnya dan gelar yang diterima oleh mahasiswa dan mahasiswi. Terima kasih telah mempercayakan kami sebagai tempat menimba ilmu terutama dalam bidang Bahasa Inggris. STBA Pertiwi, yes yes yes yes!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *