Semester Baru : Mata Kuliah Apa yang Harus Diikuti?

Bulan Agustus sudah tiba, sebentar lagi pun masa perkuliahan semester baru akan dimulai. Sebagai mahasiswa baru atau mahasiswa lama yang akan melanjutkan masa semester di perkuliahan, menuntut mahasiswa untuk memutuskan mata kuliah apa saja yang akan diambil, karena mereka pastinya akan bertemu dan memulai kesibukan baru lagi.

 

Memutuskan mata kuliah apa yang harus diambil adalah keputusan jangka panjang. Bukan sekedar menuliskan mata kuliah tersebut di lembar formulir rencana studi, atau menge-kliknya di formulir rencana studi online. Terkadang sebagai mahasiswa, hanya menuruti apa yang dikatakan dosen Pembimbing Akademik, tanpa memutuskan berdampak apa nantinya pada kehidupan perkuliahan semester kedepannya. Apalagi, untuk mahasiswa lama yang melanjutkan kuliah seraya mereka harus bekerja pula. Berikut ini adalah sedikit tips juga saran bagaimana memutuskan untuk mengambil mata kuliah dan kegiatan mahasiswa untuk semester baru yang akan dihadapi:

 

  1. Melihat Indeks Prestasi Sementara dari Kartu Hasil Studi

Hal ini sangatlah penting, mengingat kamu harus mengukur kemampuan belajar kamu melalui hasil nilai kamu di semester sebelumnya. Jika IPS kamu tidak mencukupi untuk mengambil maksimal sks di kampusmu, kamu harus menguranginya, agar kedepannya, setelah semester itu selesai nilaimu tidak berkurang lagi, alhasil akan mengurangi mata kuliah yang harus kamu ambil lagi. Dari kartu hasil studi ini pula, kamu bisa melihat mata kuliah apa saja yang harus kamu tingkatkan nilainya, atau semisal kamu tidak lulus dalam mata kuliah itu, kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengulang mata kuliah tersebut di semester berikutnya.

  1. Melihat mata kuliah di semester yang akan dihadapi di Buku Panduan Mahasiswa

Buku Panduan Mahasiswa adalah salah satu benda paling krusial yang harus dimiliki oleh Mahasiswa. Buku ini biasanya sudah diberikan oleh pihak kampus semenjak awal para mahasiswa memulai dunia kuliahnya di kampus tersebut. Buku ini amat sangat membantu dalam memutuskan mata kuliah apa yang harus kamu ambil di setiap semesternya, jadi, kamu pun mempunyai persiapan lebih awal. Biasanya dalam buku ini juga dijelaskan tentang sistem penilaian dan sistem perkuliahan secara jelas guna membantu mahasiswa dalam menjalani perkuliahan di kampus tersebut.

  1. Kemampuan dalam mengikuti mata kuliah yang diambil dan efisiensi waktu

Sempat disinggung dalam pembukaan artikel ini, bahwa sanya mahasiswa yang mempunyai pekerjaan namu disisi lain harus bekerja juga, mereka harus memutuskan secara bijak dalam pengambilan mata kuliah di semester baru. Mahasiswa yang bekerja biasanya mempunyai waktu yang lebih ketat, tidak bisa sembarang ambil mata kuliah. Mereka harus memutuskan benar-benar kemampuannya dalam mengikuti mata kuliah itu dan waktu yang tersedia. Sedikit berbeda memang dengan mahasiswa baru maupun lama yang pekerjaan utamanya adalah berkuliah. Mereka juga harus memutuskan, mampun atau tidaknya mereka nanti dalam menjalani perkuliahan.

  1. Bertanya kepada Mahasiswa Senior

Salah satu informasi yang paling akurat sebelum kamu mengambil mata kuliah barumu adalah kamu bisa menanyakan informasi mata kuliah tersebut kepada mahasiswa yang lebih Senior. Kamu bisa menanyakan bagaimana pembelajaran mata kuliah tersebut di kelas, menanyakan tentang modul, dan pastinya, tentang dosen yang nantinya akan mengajarkan di dalam kelas. Selain itu, kamu juga bisa berbagi tentang ilmu yang sudah kamu dapat di dalam kelas, mengenai mata kuliah yang kamu ambil dengan seniormu. Jangan takut untuk melebarkan sayap pertemananmu dengan para senior, asal kamu tetap dalam batas kesopanan yang pantas ya.

5. Berkonsultasi dengan dosen Pembimbing

Cara ini pun juga dapat membantu kamu untuk memutuskan mata kuliah apa yang cocok untuk kamu ikuti selama satu semester kedepan. Pembimbing akademik ini seperti wali kelasmu, jadi tidak usah malu dalam bertanya hal apapun mengenai perkuliahan yang sedang kamu jalani. Dengan Pembimbing Akademik, kamu bisa berkonsultasi mengenai mata kuliah apa yang ingin kamu ikutin, karena hal ini penting agar Pembimbing Akademik mu juga tahu, seberapa jauh tingkat pembelajaranmu di kampus yang kamu naungi.

Nah, itulah tadi beberapa tips dan saran, sebelum kamu memulai perkuliahan mu di semester baru ini. Intinya, jangan malu bertanya sebelum kamu menjalankan perkuliahan di kampusmu. Tidak ada ruginya jika kamu bertanya, keingintahuan lebih itu penting sebelum memulai sesuatu, apalagi ini menyangkut masa depanmu. Setelah kamu sudah memutuskan mata kuliah apa yang sudah kamu ikuti, apakah kamu sudah siap menghadapi perkuliahan di semester baru ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *