One-Day Seminar with IECTA

Human Resource Development in English Language Teaching

Pada hari Minggu, 14 Mei 2017, beberapa dosen dan mahasiswa dari STBA Pertiwi menghadiri salah satu seminar yang bermanfaat yaitu one-day seminar yang bertemakan Human Resource Development in English Language Teaching. Acara yang mempunyai beberapa agenda yang berhubungan dengan pengajaran bahasa asing, yaitu bahasa Inggris khususnya ini mempunyai beberapa narasumber yang membuat para audience memberikan apresiasi lebih.

Agenda dimulai dengan acara pembukaan. Pidato diberikan juga oleh Bapak Didi Mulyadi, S.S., M.M sebagai perwakilan dari IECTA ( Indonesian English Course Teachers Assosiation ) dan STBA Pertiwi. Beliau mengatakan bahwa dalam acara tersebut yang pertama yang harus dilakukan peserta adalah ‘learning to know’ setelah itu ilmu yang didapatkan dapat dibagikan kepada sesama. Acara juga dihibur oleh para penari yang membawakan tarian dari Batak Tapanuli.

Agenda berikut masuk ke agenda utama pertama yaitu presentasi yang dilakukan oleh Mr. Steven Sutantro. Beliau membawakan bahan yang bertemakan penggunaan Aplikasi dari Google yang dapat membantu para pengajar bahasa Inggris di dalam kelas. Mr. Steven Sutantro sendiri adalah perwakilan dari Google Educators yang khusus menaungi bagaimana menggunakan aplikasi untuk pengajaran, baik itu pengajaran bahasa atau ilmu esakta. Mr. Steven memberikan presentasi bagaimana penggunaan Google Maps, Google Expedition dan Google Earth, agar para pembelajar dapat mempelajari tempat baru dan mengetahui informasi tempat tersebut, tentunya dalam bahasa Inggris.

Para murid atau peserta belajar di dalam kelas tidak hanya mendapat informasi dalam bahasa Inggris tetapi juga, para peserta belajar dapat melihat secara nyata bagaimana suasana tempat yang ingin diketahui. Contohnya saja seperti yang dipraktekkan oleh Mr. Steven dengan mengunjungi pulau Galapagos di Amerika Selatan. Secara nyata Google memberikan fasilitas untuk melihat tempat tersebut, mulai dari laut Galapagos dan pulau itu sendiri, serta adanya penjelasan bahwa pulau tersebut dihuni oleh beberapa hewan yang cukup langka.

Selepas waktu istirahat, yang dihibur oleh alumni dari mahasiswa dan mahasiswi STBA Pertiwi sendiri, masuk ke Agenda kedua dengan narasumber bernama Ms. Wendy George yang berasal dari lembaga bahasa asing, ALBA. Wendy menjelaskan tentang cara dan gaya belajar pada peserta didik, dan juga menjelaskan tentang cara pengajaran untuk berbagai tipe peserta didik itu sendiri. Wendy juga bertanya kepada para audience kesulitan saat mengajar, ataupun mengajak para audience untuk bercengkrama atau mempraktekkan langsung gaya mengajar dan gaya belajar secara bersamaan. Dengan gaya Wendy yang humoris, suasana presentasi materi tersebut sempat diiringi beberapa kali canda tawa, dan membuat para audience menjadi tidak terlalu tegang dalam mengikuti seminar tersebut.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat sebagai ucapan terima kasih oleh para anggota IECTA kepada kedua narasumber. Acara yang diusung ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para generasi muda ataupun para pengajar, agar pada praktek di lapangan nanti, para pengajar ataupun calon pengajar dapat mengaplikasikan cara-cara unik dan kreatif yang diberikan oleh para narasumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *